PROSES DAN STRATEGI KOMERSIALISASI TEKNOLOGI
PROSES
DAN STRATEGI KOMERSIALISASI TEKNOLOGI
Komersialisasi teknologi adalah
proses pengembangan pasar, memproduksi dan memberikan produk atau pelayanan
untuk dijual (baik dari pihak yang menciptakan produk/pelayanan tersebut maupun
dari pihak lain). Komersialisasi dapat dilakukan oleh pemerintah maupun non
pemerintah (National Science Foundation
SBIR Solicitation).
Teknologi perlu dikomersialisasi
karena inovasi teknologi dapat memberikan keuntungan yang kompetitif (ketika teknologi
tersebut dilindungi dengan baik).
Di dalam pemasaran, dikenal
istilah market pull dan technology push. Market pull terjadi
ketika suatu perusahaan mencari teknologi yang lebih baik untuk mengurangi
biaya produksi atau untuk melakukan perbaikan marginal terhadap kualitas produk
yang sudah ada. Pasar “menarik” atau menerapkan teknologi didalamnya. Kebutuhan
pasar ada, dan pada saat itu belum ada teknologi untuk memenuhi kebutuhan
tersebut. Contoh market pull adalah : saat
ini masyarakat memiliki permintaan yang semakin meningkat untuk produk ramah
lingkungan. Oleh sebab itu, produk-produk seperti tempat sampah daur ulang, tas
yang dapat digunakan kembali (reusable
bags), mobil hybrid, dan lampu
rendah energi telah dikembangkan. Contoh lain dari market pull adalah CD room,
google, apple’s music store, dan biotechnology.
Technology
push adalah penerapan teknologi dan hasil riset untuk memperoleh
suatu produk yang akan menjadi kebutuhan pasar. Contoh Technology push adalah mesin fax dan pengembangan digital dan elektronik yang
dipasang pada telepon genggam (smartphone)
seperti email, skype, dan sosial
media sehingga orang tidak perlu repot menyalakan komputer untuk membuka
aplikasi tersebut.
Pemasaran yang saat ini sedang
berkembang adalah financial deliver
dan komersialisasi yang didorong oleh market
pull. Contoh market pull yang
saat ini sedang trend adalah gojek.
Gojek mempunyai kemampuan terhadap aplikasi teknologi, yaitu ketika sesorang
ingin memesan jasa ojek saat ini, maka permintaan tersebut dapat langsung
diterima/dilayani.
Elemen yang dibutuhkan dalam
komersialisasi teknologi adalah pasar, pengusaha, teknologi, dan modal.
Ada tiga tantangan utama yang
dihadapi oleh pebisnis saat ini, yaitu globalisasi, advances in technology (teknologi terkini), dan deregulasi. Mana
dari ketiganya yang punya peluang paling besar sebagai peluang bisnis yang bisa
dimanfaatkan?
Deregulasi berkaitan erat dengan
globalisasi, yaitu donia tanpa batas sehingga semua negara bebas akses ke luar
maupun ke dalam negeri. Oleh sebab itu, diperlukan deregulasi atau pengaturan
kembali regulasi/peraturan yang sudah ada. Contoh kasus deregulasi adalah :
untuk memperbesar ekspor, maka tarif impor diperbesar. Sehingga memudahkan
eksportir dalam mendeliver produknya
ke luar negeri. Contoh lain adalah regulasi atau peraturan yang sebelumnya
tidak boleh menjadi boleh demi memudahkan akses perusahaan/industri ke luar
maupun ke dalam negeri.
Dari ketiga tantangan tersebut, menurut Saya, yang mempunyai peluang paling
besar sebagai peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan adalah advances technology. Karena
pengembangan teknologi secara digital akan mampu mempermudah pekerjaan manusia.
Contohnya adalah penggunaan mesin dalam industri pangan seperti soft drink dan makanan ringan akan
mengurangi jumlah pekerja sehingga kemungkinan bahan pangan tersebut
terkontaminasi oleh bakteri akan sangat kecil. Produk yang dihasilkan akan
lebih higienis dan proses produksinya lebih efisien. Selain itu, pengurangan
jumlah tenaga kerja akan mengurangi cost bagi
perusahaan/industri. (catatan : semua jawaban di atas benar, tetapi lihat the
greatest opportunity dan perhatikan juga tentang persaingan). Kalau Globalisasi, karena boundless
market sehingga ada peluang untuk bisnis ke mana saja tanpa batas. Sedangkan
kalau Deregulasi, akan memudahkan perusahaan/industri
masuk ke negara manapun. Namun globalisasi dan deregulasi akan menimbulkan
persaingan yang sengit diantara kompetitor dan tidak cocok untuk bisnis start up.
Komentar
Posting Komentar