PROSES DAN STRATEGI KOMERSIALISASI TEKNOLOGI



PROSES DAN STRATEGI KOMERSIALISASI TEKNOLOGI

Komersialisasi teknologi adalah proses pengembangan pasar, memproduksi dan memberikan produk atau pelayanan untuk dijual (baik dari pihak yang menciptakan produk/pelayanan tersebut maupun dari pihak lain). Komersialisasi dapat dilakukan oleh pemerintah maupun non pemerintah (National Science Foundation SBIR Solicitation).
Teknologi perlu dikomersialisasi karena inovasi teknologi dapat memberikan keuntungan yang kompetitif (ketika teknologi tersebut dilindungi dengan baik).
Di dalam pemasaran, dikenal istilah market pull dan technology push. Market pull terjadi ketika suatu perusahaan mencari teknologi yang lebih baik untuk mengurangi biaya produksi atau untuk melakukan perbaikan marginal terhadap kualitas produk yang sudah ada. Pasar “menarik” atau menerapkan teknologi didalamnya. Kebutuhan pasar ada, dan pada saat itu belum ada teknologi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Contoh market pull adalah : saat ini masyarakat memiliki permintaan yang semakin meningkat untuk produk ramah lingkungan. Oleh sebab itu, produk-produk seperti tempat sampah daur ulang, tas yang dapat digunakan kembali (reusable bags), mobil hybrid, dan lampu rendah energi telah dikembangkan. Contoh lain dari market pull adalah CD room, google, apple’s music store, dan biotechnology.
Technology push adalah penerapan teknologi dan hasil riset untuk memperoleh suatu produk yang akan menjadi kebutuhan pasar. Contoh Technology push adalah mesin fax dan pengembangan digital dan elektronik yang dipasang pada telepon genggam (smartphone) seperti email, skype, dan sosial media sehingga orang tidak perlu repot menyalakan komputer untuk membuka aplikasi tersebut.  
Pemasaran yang saat ini sedang berkembang adalah financial deliver dan komersialisasi yang didorong oleh market pull. Contoh market pull yang saat ini sedang trend adalah gojek. Gojek mempunyai kemampuan terhadap aplikasi teknologi, yaitu ketika sesorang ingin memesan jasa ojek saat ini, maka permintaan tersebut dapat langsung diterima/dilayani.
Elemen yang dibutuhkan dalam komersialisasi teknologi adalah pasar, pengusaha, teknologi, dan modal.
Ada tiga tantangan utama yang dihadapi oleh pebisnis saat ini, yaitu globalisasi, advances in technology (teknologi terkini), dan deregulasi. Mana dari ketiganya yang punya peluang paling besar sebagai peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan?
Deregulasi berkaitan erat dengan globalisasi, yaitu donia tanpa batas sehingga semua negara bebas akses ke luar maupun ke dalam negeri. Oleh sebab itu, diperlukan deregulasi atau pengaturan kembali regulasi/peraturan yang sudah ada. Contoh kasus deregulasi adalah : untuk memperbesar ekspor, maka tarif impor diperbesar. Sehingga memudahkan eksportir dalam mendeliver produknya ke luar negeri. Contoh lain adalah regulasi atau peraturan yang sebelumnya tidak boleh menjadi boleh demi memudahkan akses perusahaan/industri ke luar maupun ke dalam negeri.
Dari ketiga tantangan tersebut,  menurut Saya, yang mempunyai peluang paling besar sebagai peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan adalah advances technology. Karena pengembangan teknologi secara digital akan mampu mempermudah pekerjaan manusia. Contohnya adalah penggunaan mesin dalam industri pangan seperti soft drink dan makanan ringan akan mengurangi jumlah pekerja sehingga kemungkinan bahan pangan tersebut terkontaminasi oleh bakteri akan sangat kecil. Produk yang dihasilkan akan lebih higienis dan proses produksinya lebih efisien. Selain itu, pengurangan jumlah tenaga kerja akan mengurangi cost bagi perusahaan/industri. (catatan : semua jawaban di atas benar, tetapi lihat the greatest opportunity dan perhatikan juga tentang persaingan). Kalau Globalisasi, karena boundless market sehingga ada peluang untuk bisnis ke mana saja tanpa batas. Sedangkan kalau Deregulasi, akan memudahkan perusahaan/industri masuk ke negara manapun. Namun globalisasi dan deregulasi akan menimbulkan persaingan yang sengit diantara kompetitor dan tidak cocok untuk bisnis start up.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan “Ngeteng” dari Lampung (Way Abung) ke Bogor (Dramaga)

IDEA GENERATION